Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berkenalan dengan Arus Searah

Perkenalkan, saya Arus Searah atau Direct Current (DC). Berkenalan dengan Arus Searah adalah wajib hukumnya untuk mengetahui Teori Dasar Listrik. Pada perkenalan kali ini akan ddipaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan arus searah.

1.    Mesin Arus Searah

Adalah mesin pengubah energi mekanik menjadi energi listrik, sedangkan penggerak dari generator disebut prime mover yang dapat berbentuk turbin air, uap, mesin diesel dan lain-lain.

Prinsip kerjanya adalah berdasarkan hukum Faraday dimana konduktor memotong medan magnit dan emf atau induksi akan timbul beda tegangan dan adanya komutator yang dipasang pada sumbu generator maka pada terminal generator akan terjadi tegangan searah.


2.    Batere atau Accumulator.

Batere atau akumulator adalah sebuah sel listrik dimana didalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah didalam batere dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia (pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan didalam sel.

Tiap sel batere ini terdiri dari dua macam elektroda yang berlainan, yaitu elektroda positif dan elektroda negatif yang dicelupkan dalam suatu larutan kimia.


3.    Arus Listrik

Arus listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama. satuan arus listrik adalah Ampere.

1 ampere arus adalah mengalirnya elektron sebanyak 628x1016 atau sama dengan 1 Coulumb per detik meliwati suatu penampang konduktor. 

4.    Kuat Arus Listrik.

Adalah arus yang tergantung pada banyak sedikitnya elektron bebas yang pindah melewati suatu penampang kawat dalam satuan waktu.

Difinisi : Amper adalah satuan kuat arus listrik yang dapat memisahkan 1,118 milligram perak dari nitrat perak murni dalam satu detik.

Rumus – rumus untuk menghitung banyaknya muatan listrik, kuat arus dan waktu.

1 (satu) Coulomb = 6,28 x 1018 electron

Dimana :
Q         = Banyaknya muatan listrik dalam satuan coulomb
I           = Kuat Arus dalam satuan Amper.
t           = waktu dalam satuan detik.



5.    Rapat Arus.

Rapat arus ialah besarnya arus listrik tiap-tiap mm2 luas penampang kawat. Rumus-rumus dibawah ini untuk menghitung besarnya rapat arus, kuat arus dan penampang kawat. 

 
Dimana:
S = Rapat arus [ A/mm2]
I = Kuat arus [ Amp]
q = luas penampang kawat [ mm2
6.    Tahanan dan daya hantar.

Tahanan difinisikan sebagai berikut:

1 (satu Ohm/Ω) adalah tahanan satu kolom air raksa yang panjangnya 1063 mm dengan penampang 1 mm² pada temperatur 0º C.


Daya hantar didifinisikan sebagai berikut:

Kemampuan penghantar arus atau daya hantar arus sedangkan penyekat atau isolasi adalah suatu bahan yang mempunyai tahanan  yang besar sekali sehingga tidak mempunyai daya hantar atau daya hantarnya kecil yang berarti sangat sulit dialiri arus listrik.

Rumus untuk menghitung besarnya tahanan listrik terhadap daya hantar arus. 

Dimana:
R = Tahanan kawat listrik [ Ω/ohm]
G = Daya hantar arus [Y/mho]

Tahanan pengahantar besarnya berbanding terbalik terhadap luas penampangnya.

Bila suatu penghantar dengan panjang l dan penampang q serta tahanan jenis ρ (rho), maka tahanan penghantar tersebut adalah : 

 
Dimana : R = tahanan kawat [ Ω/ohm]
l = panjang kawat [meter/m] l
ρ = tahanan jenis kawat [Ωmm²/meter]
q = penampang kawat [mm²]

faktor-faktor yang mempengaruhi nilai resistance, karena tahanan suatu jenis material sangat tergantung pada : 

• panjang tahanan
• luas penampang konduktor.
• jenis konduktor
• temperatur.

7.    Potensial Listrik.

Potensial listrik adalah fenomena berpindahnya arus listrik akibat lokasi yang berbeda potensialnya. Dari hal di atas kita mengetahui adanya perbedaan potensial listrik yang sering disebut potential difference. satuan dari potential difference adalah Volt.[]

Posting Komentar untuk "Berkenalan dengan Arus Searah"

Berlangganan via Email