Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Ampersand (&)

Pendahuluan


Microsoft Excel sebagai program spreadsheet buatan Microsoft telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan dalam melakukan pengolahan data baik berupa data angka maupun teks. Dalam bekerja menggunakan Excel, ada kalanya kita perlu melakukan penggabungan isi dari beberapa sel untuk keperluan tertentu.


Dalam menggabungkan isi sel di Excel terdapat tiga cara yang dapat kita gunakan. Adapun tiga cara tersebut adalah sebagai berikut.




Dalam kesempatan kali ini akan dibahas cara menggabungkan isi sel di Excel menggunakan operator Ampersand. Excel menyediakan operator teks berupa simbol ampersand atau simbol "dan" (&) yang dapat digunakan untuk menggabungkan isi dari beberapa sel.



Cara penggunaan operator ampersand (&)


Penggunaan simbol ampersand ini merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk menggabungkan isi sel. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.



Dalam contoh ini, kita akan menggabungkan isi sel pada kolom A (Bagian 1) dengan isi sel pada kolom B (Bagian 2) yang akan diletakkan pada kolom C (Gabungan). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetikkan rumus = A2&" "&A3 pada kolom C (Gabungan), seperti gambar di bawah ini.



Catatan: Penggunaan tanda " " yang dikombinasikan pada operator Ampersand (&) bertujuan untuk memberikan spasi antara kata/isi sel yang digabungkan.


Selanjutnya tinggal tekan Enter dan copy rumus dengan menarik Handle ke baris di bawahnya. Selanjutnya akan didapat hasil seperti gambar di bawah ini.


Demikianlah cara menggabungkan isi sel di Excel menggunakan operator Ampersand (&), semoga bermanfaat. Untuk pembahasan cara menggabungkan isi sel menggunakan Menu Fill Justify dan menggunakan fungsi Concatenate akan dibahas pada artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Ampersand (&)"

Berlangganan via Email