Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Perintah FILL - JUSTIFY

Pendahuluan


Sebagaimana telah ditulis pada artikel Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Ampersand (&) bahwa Microsoft Excel sebagai program spreadsheet buatan Microsoft telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan dalam melakukan pengolahan data baik berupa data angka maupun teks. Dalam bekerja menggunakan Excel, ada kalanya kita perlu melakukan penggabungan isi dari beberapa sel untuk keperluan tertentu. Dalam menggabungkan isi sel di Excel terdapat tiga cara yang dapat kita gunakan. Adapun tiga cara tersebut adalah sebagai berikut.




Sebagai lanjutan tutorial tentang cara menggabungkan isi sel, dalam kesempatan kali ini akan dibahas cara menggabungkan isi sel di Excel Menggunakan Menu Fill Justify.  Excel menyediakan fasilitas berupa perintah atau menu yang dapat diakses melalui Tab Home, Klik Perintah Fill dan Justify. Cara ini cocok digunakan jika data yang akan digabungkan berbentuk kolom dan tetap atau statis.



Cara Penggunaan Perintah Fill - Justify


Berikut ini adalah contoh penggunaan dari perintah Fill - Justify untuk menggabungkan isi sel di Excel :


Pertama, Seleksi atau blok teks pada sel yang akan digabungkan seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Kedua, Perlebar ukuran kolom, agar dapat menampung hasil teks yang telah digabungkan seperti gambar di bawah ini.




Atau kita dapat juga menseleksi/blok beberapa sel hingga dirasa dapat menampung teks hasil gabungan, dalam contoh ini dipilih sel A1 sampai G10 seperti gambar berikut ini.


Ketiga, Klik Tab Home, pada kelompok Editing klik Fill kemudian klik Justify, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Jika seluruh langkah di atas telah dilalui, maka hasil akhir dari penggabungan isi sel dalam contoh ini ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Jika sel yang dipilih tidak dapat menampung keseluruhan hasil penggabungan teks, maka sisa teks akan ditampilkan pada baris di bawahnya, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.




Demikianlah cara Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Perintah FILL - JUSTIFY.  Semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "Menggabungkan Isi Sel di Excel Menggunakan Perintah FILL - JUSTIFY"

Berlangganan via Email