Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arduino Library untuk Persiapan Simulasi Arduino di Proteus

Simulasi merupakan suatu cara yang ampuh untuk memahami bagaimana perangkat akan bekerja setelah diimplementasikan secara nyata. Sebelum memulai suatu proyek, simulasi merupakan praktik yang baik sehingga dapat memastikan apakah suatu perangkat/rangakaian dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Proteus merupakan perangkat lunak untuk simulasi elektronika. Untuk melakukan simulasi rduino dengan Proteus ini, kita dapat lakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Langsung membuat rangkain skematik pada lembar kerja Proteus berdasarkan sistem minimum ATMEGA 328 (kompatibel dengan Arduino Uno)
  • Menggunakan Arduino Library (Arduinolib) yang harus ditambahkan ke Proteus (akan dibahas dalam tulisan ini)

Persiapan Software

Berikut ini adalah software-software yang perlu dipersiapkan agar dapat melakukan simulasi Arduino di Proteus dengan Arduino Library.

Setelah software yang dibutuhkan dipersiapkan, selanjutnya lakukan Instalasi Proteus. Setelah instalasi Proteus selesai, lanjutkan dengan menambahkan Arduino Library ke dalam Proteus. Adapun langkah-langkahnya dipaparkan pada bagian di bawah ini.

Menambahkan Arduino Library ke Proteus

  • Ekstrak file ArduinoLibProteus.zip, kemudian Copy file ARDUINO.LIB dan ARDUINO.IDX kemudian Paste ke folder LIBRARY. Untuk Proteus 8.3 SP2 seperti yang kami gunakan, letak folder LIBRARY ada di C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY.
  • Pastikan dalam Preteus sudah terinstal Key untuk AVR. Jika belum, copy file bernama AVR2.DLL dan Paste ke folder MODELS. Untuk Proteus 8.3 SP2 seperti yang kami gunakan, letak folder MODELS ada di C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\MODELS

Setelah berhasi memasukkan Arduino Library tersebut, buka aplikasi Proteus hingga tampil jendela utama pada lembar kerja Proteus. Kemudian Klik tombol P, maka kota dialog Pick Devices akan muncul. Selanjutnya ketik Arduino pada bagian keywords dan pada bagian Results pastikan pilihan Arduino teah muncul. Pilih salah satu jenis Arduino, misalnya Arduino Uno R3, selanjutnya klok tombol OK.


Selanjutnya, klik ganda pada lembar kerja Proteus untuk meletakkan komponen yang dipilih tadi. Dengan demikian gambar komponen Arduino Uno yang dipilih tadi muncul pada lembar kerja seperti gambar di bawah ini.




 

1 komentar untuk "Arduino Library untuk Persiapan Simulasi Arduino di Proteus"

petter andersen 17 September 2020 22.13 Hapus Komentar
min permisi, jikalau tidak ke detec gimana ya? langkah-langkah yang tadi sudah saya ikuti min

Berlangganan via Email