Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mempersiapkan Kelas pada Google Classroom

Google Classroom atau Google Kelas adalah layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi. Tujuan dari Google Classroom adalah menyederhanakan dalam membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara paperless atau tanpa kertas.

Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai cara Mempersiapkan Kelas pada Google Classroom yang meliputi pembuatan kelas baru, membuat informasi umum tentang mata pelajaran atau matakuliah, dan mengubah tema kelas.

1. Membuat Kelas Baru

Langkah awal dalam menggunakan Google Classroom adalah membuat kelas baru. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke laman Google Classroom (classroom.google.com) dengan menggunakan akun Google (Gmail).

2. Setelah berhasil masuk dan dapat mengakses laman Google Classroom klik icon plus (+) lalu pilih Create class atau Buat Kelas

Jika muncul peringatan untuk menyetujui pemberitahuan G-Suite, beri tanda centang pada Saya telah membaca dan memahami pemberitahuan di atas, dan saya tidak menggunakan Classroom di sekolah dengan siswa, kemudian klik lanjutkan.

3. Isi Nama Kelas atau Class name sesuai dengan nama matakuliah dan klik Buat atau Create.

Sampai di sini proses pembuatan kelas baru telah selesai. Tampilan kelas yang telah berhasil di buat adalah sebagai berikut.

Membuat Informasi Umum tentang Matakuliah

Membuat Topik Baru

Klik Tugas Kelas atau ClassworkBuat atau Create Topik atau Topic, kemudian ketik Tentang Kuliah Ini, kemudian klik Tambahkan.

Membuat Deskripsi Matakuliah

Untuk mebuat Deskripsi Matakliah, maka kita perlu membuat Materi atau Material baru dengan cara  klik Tugas Kelas atau Classwork Buat atau Create Materi atau Material.

Pada isian Materi, masukkan: (1) Judul atau Title, Misalnya : Deskripsi singkat (2) Deskripsi atau Description, ketik deskripsi singkat dari matakuliah yang dibuat kelasnya (3) Topik atau Topic, Pilih nama topiknya yaitu Tentang Kuliah Ini. Jika telah selesai, klik Posting.

Membuat Capaian Pembelajaran

Untuk membuat capaian pembelajaran, kita lakukan hal yang sama dengan membuat Deskripsi Mata Kuliah.

Pada isian Materi, masukkan: (1) Judul atau Title, Misalnya : Capaian Pembelajaran (2) Deskripsi atau Description, ketik capaian pembelajaran dari matakuliah yang dibuat kelasnya (3) Topik atau Topic, Pilih nama topiknya yaitu Tentang Kuliah Ini. Jika telah selesai, klik Posting.

Hasil dari proses membuat informasi umum matakuliah di atas dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Mengubah Tema Kelas

Untuk mengubah tema kelas, kita perlu pergi ke halaman beranda kelas, dengan cara klik Nama Kelas dalam hal ini adalah Analisis Perangkat Keras, kemudian klik Pilih Tema

Silakan pilih tema kelas yang sesuai dengan memilih berbagai kategori yang tersedia. Jika telah yakin dengan tema tertentu, klik tema tersebut dan klik pilih tema kelas.



2 komentar untuk "Mempersiapkan Kelas pada Google Classroom"

Hari Aspriyono 11 Juni 2020 05.14 Hapus Komentar
Ini sangat bermanfaat bagi para pengajar dalam masa pandemi covid-19. Terima kasih gan sudah menyempatkan diri untuk membuat postingan ini.
Webagus 11 Juni 2020 11.36 Hapus Komentar
Iya gan.... sama-sama

Berlangganan via Email