Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menambahkan Materi Kuliah di Google Classroom

Artikel tentang Membuat Materi Kuliah di Google Classroom merupakan lanjutan dari artikel seblumnya yaitu Mempersiapkan Kelas pada Google Classroom. Pembahasan dalam artikel Membuat Materi Kuliah di Google Classroom ini mencakup :

  1. Menambahkan topik dan Membuat Sub Capaian Pembelajaran
  2. Menambahkan Konten Sebagai Materi Kuliah, yang meliputi
    • Menambahkan Materi Kuliah dari Google Drive
    • Menambahkan Konten dari Link
    • Menambahkan Konten dengan Upload File baru
    • Menambahkan Konten dari Youtube

Baiklah mari kita bahas satu persatu. Namun sebelumnya, bagi yang belum login ke ke Classroom, silakan login terlebih dahulu.

Menambahkan topik dan Membuat Sub Capaian Pembelajaran

Untuk menambahkan topik dan Membuat Sub Capaian Pembelajaran (CP) di Google Classroom dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

1. Klik Tugas Kelas BuatTopik. Kemudian ketik topik kuliah pertama, misalnya "Kuliah 1: Pengantar Perangkat Keras". Klik Tambahkan untuk menambahkan Topik.

2. Buat Materi baru dengan cara klik Tugas Kelas BuatMateri.

Selanjutnya isi bagain-bagian berikut :  (a) Judul : Sub CP Kuliah 1, (b) Deskripsi : Ketik uraian sub capaian pembelajaran untuk kuliah 1. (c) Topik : Pilih nama topik yang sesuai, misalnya "Kuliah 1: Pengantar Perangkat Keras".  Klik Posting untuk menerbitkan.

Menambahkan Konten Sebagai Materi Kuliah

Konten yang dapat ditambahkan dalam Google Classroom dapat beragam bentuknya. Kita dapat menggunakan file yang ada di Google Drive, mengunggah File baru, menambahkan Link ekternal, dan menambahkan video dari Youtube. Secara umum, untuk menambahkan konten sebagai Materi Kuliah di Google Classroom, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buat Materi baru dengan cara klik Tugas Kelas BuatMateri, (telah diilustrasikan pada bagian pertama) Selanjutnya atur bagian-bagian berikut :

  • Judul: isikan judul materi, misalnya: “Materi Kuliah 1
  • Deskripsi : Kosongkan saja
  • Topik : Pilih nama Topik yang sesuai, dalam hal ini  “Kuliah 1: Pengantar Perangkat Keras

2. Klik icon Tambahkan di kiri bawah, selanjutnya akan tampil pilihan Google Drive, Link, File, YouTube yang dapat kita pilih sebagai sumber filenya.


Berikut ini akan diuraikan satu per satu mengenai cara menambahkan konten yang tersedia di Google Classroom.

Menambahkan Konten dari Google Drive

Untuk menambahkan konten dari Google Drive, Klik Tombol TambahkanGoogle Drive, selanjutnya pilih file yang akan digunakan, dan Klik Tambahkan.

Tunggu prosesnya hingga tampilannya menjadi seperti di bawah ini. Klik Posting untuk mempublikasikannya.

Menambahkan Konten dari Link

Untuk menambahkan konten dari Link, Klik Tombol TambahkanLink, selanjutnya masukkan link atau tautan yang akan digunakan, dan Klik Tambahkan link.

Tunggu prosesnya hingga tampilannya menjadi seperti di bawah ini. Klik Posting untuk mempublikasikannya.

Menambahkan Konten dengan Upload File Baru

Untuk menambahkan konten dengan Upload File Baru, Klik Tombol TambahkanFile, selanjutnya pada kotak dialog yang muncul pastikan Tab yang aktif adalah tab Upload, kemudian klik Tombol Pilih file dari perangkat Anda.

Pilihlah file yang akan diupload dari kotak dialog yang muncul, kemudian klik Open.

Selanjutnya akan kembali ke jendela Sisipkan file dengan Google Drive, dengan tampilan sebagai berikut. Klik tombol Upload, tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika prose Upload telah berhasil maka akan tampil seperi gambar di bawah ini. Klik Posting untuk mempublikasikannya ke Google Classroom.

Menambahkan Konten dari Youtube

Untuk menambahkan konten dari YouTube, Klik Tombol TambahkanYouTube, selanjutnya pilih Penelusuran YouTube atau URL.

Jika memilih Penelusuran YouTube, maka kita dapat mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian yang ada (misalnya Perangkat Keras).  Selanjutnya klik Tombol Pencarian, Pilih Video YouTube yang sesuai kemudian klik Tambahkan. yang akan digunakan, dan Klik Tambahkan.

Jika memilih URL maka kita perlu menyiapkan URL video YouTube yang akan ditambahkan. Masukkan URL YouToube di Kotak Tempelkan URL YouTube di sini: kemudian tunggu hingga Thumbnail Videonya muncul. Klik Tambahkan untuk menambahkannya.

Dari kedua cara di atas, jika telah berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Jika telah yakin, Klik Posting untuk mempublikasikan ke Classroom.

Selanjutnya mulcul tampilan konfirmasi seperti gambar di bawah ini, Klik Posting untuk menyetujuinya.

Sampai di sini proses menambahkan konten sebagai materi kuliah dengan berbagai model penambahan konten telah selesai, selanjutnya perhatikan hasilnya di halaman Classroomnya.

2 komentar untuk "Menambahkan Materi Kuliah di Google Classroom"

Hari Aspriyono 15 Juni 2020 06.00 Hapus Komentar
Sangat bermanfaat...
Webagus 15 Juni 2020 13.01 Hapus Komentar
Terimakasih...

Berlangganan via Email