Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Algoritma

Pada kesempatan sebelumnya telah ditulis artikel tentang Pengertian dan Kriteria Algoritma, selanjutnya dalam kesempatan ini ditulis artikel mengenai Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Algoritma.

Struktur Dasar Algoritma

Secara umum, algoritma terdiri dari sekuensial (sequential), test kondisi atau percabangan (branching) dan perulangan (looping).

1. Algoritma Sekuensial (Sequential)

Dalam kehidupan sehari-hari, algoritma yang sering kita lakukan adalah algoritma sekuensial. Algoritma sekuensial adalah langkah- langkah atau aksi-aksi yang dilakukan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya. Jika urutan penulisannya diubah, maka kemungkinan akan memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Misalkan algoritma memiliki 4 baris aksi, yaitu t1, t2, t3 dan t4, maka semua aksi akan dilaksanakan secara berurutan mulai aksi t1 hingga aksi t4. Setelah selesai mengerjakan aksi t1, maka aksi t2 akan dilaksanakan. Setelah selesai mengerjakan aksi t2, maka aksi t3 akan dilaksanakan. Setelah selesai mengerjakan aksi t3, maka aksi t4 akan dilaksanakan. Setelah selesai mengerjakan aksi t4, baru algoritma berhenti karena aksi t4 merupakan aksi terakhir.

2. Algoritma Percabangan (Branching)

Ada kalanya suatu kegiatan tertentu akan dilakukan atau tidak akan dilakukan karena tergantung situasi atau kondisi tetentu. Demikian juga dalam algoritma ada kalanya satu atau beberapa aksi akan dikerjakan atau tidak akan dikerjakan tergantung kondisi tertentu,akan dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi. Percabangan ini hanya mengerjakan satu aksi dari dua atau lebih pilihan yang diberikan.

3. Algoritma Perulangan (Looping)

Banyak kegiatan kita sehari-hari yang harus dilakukan secara berulang-ulang, misalnya makan, berjalan, naik tangga dan lain- lain. Dalam membuat algoritma juga mengenal perulangan, yaitu melaksanakan satu atau beberapa aksi secara berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan atau kondisi. Salah satu kelebihan komputer dibandingkan dengan manusia adalah melaksanakan pekerjaan secara berulang-ulang tanpa mengenal istilah lelah atau bosan. Manusia dalam melaksanakan pekerjaan yang sama secara berulang- ulang akan mengalami kelelahan dan bosan yang cenderung akan melakukan kesalahan.

Prinsip Kerja Algoritma

Pada dasarnya, algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, sehingga proses akan dikerjakan sesuai dengan algoritma yang telah ditulis. Urutan langkah dalam algoritma disusun dalam sederetan aksi. Prinsip kerja suatu algoritma dapat dilihat dalam gambar berikut ini. Masukan (input), yaitu adanya masukan ke dalam algoritma yang akan diproses dan akan memberikan hasil yang diinginkan.



1 komentar untuk "Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Algoritma"

Hari Aspriyono 17 Oktober 2020 12.54 Hapus Komentar
Kok sudah lama tidak posting gais...

Berlangganan via Email