Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Apa itu C ++?

C++ merupakan bahasa pemrograman lintas platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berkinerja tinggi. Bahasa pemrograman C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, sebagai pengembangan dari bahasa C. Dengan bahasa C++, programmer dapat memiliki kendali tingkat tinggi terhadap sumber daya sistem dan memori.

Bahasa pemrograman C++ ini telah diperbarui 3 kali yaitu pada tahun 2011, 2014, dan 2017 masing-masing menjadi C ++ 11, C ++ 14, dan C ++ 17.

Alasan Menggunakan C++

  • C ++ adalah salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia.
  • C ++ dapat ditemukan di sistem operasi saat ini, Antarmuka Pengguna Grafis, dan sistem tertanam.
  • C ++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang memberikan struktur yang jelas pada program dan memungkinkan kode untuk digunakan kembali, sehingga menurunkan biaya pengembangan.
  • C ++ bersifat portabel dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat disesuaikan dengan berbagai platform.
  • C ++ menyenangkan dan mudah dipelajari

Aplikasi Pemrograman C ++

Seperti yang disebutkan sebelumnya, C ++ adalah salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, yang artinya banyak digunakan. Beberapa aplikasi dari Pemrograman C++ adalah sebagai berikut.

  • Pengembangan Perangkat Lunak Aplikasi - Pemrograman C++ telah digunakan dalam mengembangkan hampir semua Sistem Operasi utama seperti Windows, Mac OSX dan Linux. Terlepas dari sistem operasi, bagian inti dari banyak browser seperti Mozilla Firefox dan Chrome telah ditulis menggunakan C++. C ++ juga telah digunakan dalam mengembangkan sistem database paling populer yang disebut MySQL.
  • Pengembangan Bahasa Pemrograman - C++ telah digunakan secara luas dalam mengembangkan bahasa pemrograman baru seperti C#, Java, JavaScript, Perl, C Shell UNIX, PHP dan Python, dan Verilog dll.
  • Pemrograman Komputasi - C++ adalah teman terbaik para ilmuwan karena kecepatan yang cepat dan efisiensi komputasi.
  • Pengembangan Game - C++ sangat cepat yang memungkinkan pemrogram melakukan pemrograman prosedural untuk fungsi intensif CPU dan memberikan kontrol yang lebih besar atas perangkat keras, karena itu telah banyak digunakan dalam pengembangan mesin game.
  • Sistem Tertanam - C ++ banyak digunakan dalam mengembangkan Aplikasi Medis dan Teknik seperti perangkat lunak untuk mesin MRI, sistem CAD / CAM kelas atas, dll.

Langkah Awal Memulai C++

Untuk mulai menggunakan C ++, kita memerlukan dua hal, yaitu:

  1. Editor teks, seperti Notepad, untuk menulis kode C++
  2. Kompiler, seperti GCC, untuk menerjemahkan kode C ++ ke dalam bahasa yang dimengerti komputer

Kedua hal tersesbut sekarang dapat atasi dengan IDE (Integrated Development Environment), dimana IDE dapat digunakan untuk mengedit DAN mengkompilasi kode. Beberapa IDE yang populer meliputi Code :: Blocks, Eclipse, dan Visual Studio. Semuanya gratis, dan dapat digunakan untuk mengedit dan men-debug kode C ++.

Dalam tutorial ini, kami akan menggunakan Code :: Blocks dimana dapat diunduh di laman http://www.codeblocks.org/downloads/26.

Sekilas Cara Membuat Program di Codeblocks

Buka Codeblocks kemudian klik File> New> Empty File. Sebagai latihan paling awal, tulis kode C++ berikut kemudian simpan file dengan nama program1.cpp dengan cara klik File > Save File as. Ekstensi .cpp pada nama file menunjukkan bahwa file tersebut adalah C++.

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
  cout << "Halo Dunia !";
  return 0;
}

Sementara ini tidak usah khawatir jika tidak memahami kode di atas. Untuk saat ini, fokuslah pada cara menjalankan kode.

Berikut ini adalah tampilan kode program yang diketik di Codeblock


Selanjutnya, kita jalankan (eksekusi) program tersebut dengan cara klik Build > Build and Run. Hasilnya akan terlihat seperti ini.

Sampai di sini kita telah berhasil menulis dan menjalankan program C++.


Posting Komentar untuk "Pengenalan Bahasa Pemrograman C++"

Berlangganan via Email