Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sintaks Dasar Bahasa Pemrograman C++

Sintaks Bahasa C++

Untuk memahami sitaks dari bahasa C++, mari kita gunakan contoh kode program yang telah di ditulis pada artikel Pengenalan Bahasa Pemrograman C++. Kode program tersebut adalah sebagai berikut

Penjelasan

Baris 1: #include <iostream> adalah pustaka file header yang memungkinkan kita bekerja dengan objek input dan output, seperti cout (digunakan di baris 5). File header menambahkan fungsionalitas ke program C++.

Baris 2: using namespace std berarti kita dapat menggunakan nama untuk objek dan variabel dari perpustakaan standar. Namespace adalah tambahan yang relatif baru untuk C++

Jangan khawatir jika Anda tidak memahami cara kerja dari #include <iostream> dan  using namespace std. Anggap saja keduanya adalah sesuatu yang selalu muncul pada program.

Baris 3: Baris kosong. C++ akan mengabaikan spasi kosong.

Baris 4: Hal lain yang selalu muncul dalam program C ++ adalah int main(). Ini disebut fungsi. Kode apa pun yang terdapat di dalam tanda kurung kurawal { } akan dieksekusi.

Baris 5: cout (dibaca "see-out") adalah objek yang digunakan bersama dengan operator penyisipan ( <<) untuk mengeluarkan/mencetak teks. Dalam contoh ini, akan mencetak/mengeluarkan tulisan "Halo Dunia!".

Catatan: Setiap pernyataan C ++ diakhiri dengan titik koma ;.

Catatan: Isi int main()juga bisa ditulis sebagai:

int main () { cout << "Hello World! "; return 0; }

Baris 6: return 0 mengakhiri fungsi utama.

Baris 7: Jangan lupa menambahkan kurung kurawal penutup } untuk benar-benar mengakhiri fungsi utama.

Menghilangkan Namespace

Kita mungkin akan melihat beberapa program C ++ yang berjalan tanpa pustaka namespace standar. Baris using namespace std dapat dihilangkan dan diganti dengan kata kunci std, diikuti oleh operator  :: untuk beberapa objek:

Contoh

#include <iostream>

int main() {
  std::cout << "Hello World!"
;
  return
 0;
}


Posting Komentar untuk " Sintaks Dasar Bahasa Pemrograman C++"

Berlangganan via Email