Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Fungsi di Excel

Fungsi merupakan rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan nilai-nilai tertentu dalam urutan tertentu. Semua program spreadsheet memiliki fungsi umum seperti fungsi untuk mencari jumlah, rata-rata, jumlah, nilai maksimum, dan nilai minimum.

Bagian-bagian dari fungsi

Fungsi dalam program spreadsheet harus ditulis dengan cara tertentu, yang disebut sintaks . Sintaks dasar untuk menulis fungsi adalah tanda sama dengan (=), nama fungsi, dan argumen . Argumen berisi informasi yang ingin dihitung. Contoh fungsi di bawah adalah fungsi untuk menjumlahkan nilai dari rentang sel A1:A20.


Argumen

Argumen dapat merujuk pada sel-sel individual dan rentang sel dan harus tertutup dalam tanda kurung. Kita dapat menyertakan satu argumen atau beberapa argumen, tergantung pada sintaks yang diperlukan untuk fungsi. Sebagai contoh, fungsi = AVERAGE (B1:B9) akan menghitung rata-rata dari nilai-nilai dalam rentang sel B1:B9. Fungsi ini hanya berisi satu argumen.


Beberapa argumen harus dipisahkan dengan tanda koma atau titik koma. Jika pengaturan bahasa di komputer menggunakan Bahasa Indonesia, maka gunakan tanda titik koma. Sebagai contoh, fungsi = SUM (A1:A3;C1:C2;E2) akan menjumlahkan nilai dari semua sel dalam tiga argumen A1:A3;C1:C2;E2.


Menggunakan fungsi

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang paling umum digunakan:
  • SUM : untuk menjumlahkan semua nilai dari sel-sel dalam argumen.
  • AVERAGE : untuk mencari rata-rata dari nilai-nilai dalam argumen.
  • COUNT : untuk menghitung jumlah data dalam argumen.
  • MAX : untuk menentukan nilai sel yang tertinggi.
  • MIN : untuk menentukan nilai sel yang terendah.
Sebagai latihan, salam contoh di bawah ini, kita akan menghitung harga rata-rata per unit untuk daftar item baru memerintahkan menggunakan fungsi AVERAGE.

Pilih sel yang akan diisi fungsi, dalam contoh kita sel C13.

 

Ketik tanda sama dengan (=) dan masukkan diinginkan nama fungsi . Dalam contoh kita, kita akan ketik = AVERAGE.

Masukkan rentang sel dengan diapit tanda kurung. Dalam contoh, kita akan masukkan rentang (C3:C12). Rumus ini akan menambahkan nilai-nilai sel C3: C13 kemudian membagi dengan jumlah sel dalam rentang tersebut untuk menentukan rata-rata.

Tekan Enter untuk melihat hasilnya.

Berlangganan via Email