Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Referensi Sel

Pendahuluan

Terdapat dua jenis referensi sel, yaitu relatif dan absolut .Referensi relatif dan mutlak memiliki perilaku yang berbeda. Referensi relatif akan berubah jika rumus disalin ke sel lain, sdangkan referensi absolut akn konstan atau tidak berubah di mana pun disalin.
 

Referensi relatif

Referensi relatif merupakan jenis referensi sel bawaan program spreadsheet. Referensi relatif akan berubah ketika disalin di beberapa sel. Referensi ini berubah berdasarkan posisi relatif baris dan kolom. Misalnya, jika kita menyalin rumus = A1 + B1 dari baris 1 ke baris 2, maka rumus tersebut akan menjadi = A2 + B2. Referensi relatif cocok digunakan untuk mengulang perhitungan yang sama di beberapa baris atau kolom.
 

Membuat dan menyalin rumus menggunakan referensi relatif

Dalam contoh berikut, kita akan membuat rumus untuk mengalikan harga obat dengan kuantitas untuk mendapatkan Total Harga dari masing-masing obat. Karena kita akan melakukan perhitungan yang sama untuk setiap obat, maka kita menggunakan referensi relatif, daripada kita harus mengetik rumus baru pada setiap baris. Kita cukup membuat rumus pada sel F2 dan kemudian kita salin ke baris lainnya. Berikut ini dalah langkah-langkah dalam menyelesaikan kasus tersebut.
  1. Pilih sel yang akan diisi rumus, dalam contoh ini dalah sel F2. Kemudian ketik yang diinginkan, dalam hal ini adalah =D2*E2.
clip_image002
  1. Cari Fill Handle di sudut kanan bawah sel D2. Klik, tahan, dan tarik Fill Handle tersebut untuk menyalin rumus ke sel yang lain, dalam contoh, kita akan menyalin rumus ke sel D3 sampai D12.
clip_image004
3. Lepaskan tombol mouse, maka rumus akan tersalin ke sel yang dipilih dengan referensi relatif dan hasilnya perhitungannya akan muncul pada setiap sel tersebut.
clip_image006
  1. Untuk memeriksa kebenaran rumus yang disalin, kita dapat melakukan klik dua kali pada sel yang akan diperiksa. Referensi sel relatif harus berbeda untuk setiap sel, tergantung pada barisnya.
clip_image008

 


Referensi Absolut

Pada referensi absolut, referensi sel tidak berubah jika rumusnya disalin pada sel yang lain. Kita dapat menggunakan referensi absolut untuk menjaga baris dan/atau kolom dalam keadaan tetap.
Referensi absolut digunakan dlam rumus dengan menambahkan tanda dolar ($) di awal referensi kolom atau baris atau kedua-duanya. Contoh:
clip_image010

 

Membuat dan menyalin rumus menggunakan referensi absolut

Dalam contoh berikut, kita akan mencari pajak penjualan dari masing-masing obat. Adapun pajak yang dikenakan adalah sebesar 5% dari harga total penjulan setiap obat. Pajak tersebut akan diletakkan pada sel E4. Untuk kasus ini, kita harus menggunakan referensi sel absolut $F$1, karena setiap rumus menggunakan pajak yang sama. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Logika rumus pada sel E4 adalah (harga satuan*kuantitas)*pajak. Oleh sebab itu rumusnya adalah =(C4*D4)*$F$1.
clip_image012
  1. Tekan Enter, kemudian tarik fill handle untuk menyalin rumus hingga sel E13.
clip_image014
  1. Untuk memeriksa kebenaran rumus yang disalin, kita dapat melakukan klik dua kali pada sel yang akan diperiksa. Referensi sel absolut harus tetap untuk setiap sel.
clip_image016
Pastikan untuk menyertakan tanda dolar ($) setiap kali membuat referensi absolut di beberapa sel.Jika tanpa tanda dolat akan menyebabkan spreadsheet menafsirkan sebagai referensi relatif, hasil perhitungannyapun salah.
















Berlangganan via Email