Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Sertifikat yang Ada Fotonya Secara Otomatis dengan InDesign

Sertifikat merupakan salah satu dokumen yang berfungsi sebagai tanda seseorang telah mengikuti suatu kegiatan, seperti pelatihan, seminar dan lain-lain. Selan itu sertifikat juga dapat digunakan sebagai tanda seseorang memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu yang diperoleh melalui kegiatan yang formal dan sah.

Dalam suatu kegiatan atau acara, biasanya panitia acara menyediakan sertifikat pada para peserta yang telah mengikuti acara tersebut. Panitia melakukan input data peserta seperti nama dan foto ke dalam file sertifikat satu persatu. Hal ini menjadi suatu pekerjaan yang membosankan jika pesertanya berjumlah sangat banyak. Oleh karen itu diperlukan suatu upaya dalam menginputkan peserta tersebut secara otomatis menggunakan software tertentu, seperti Adobe Indesign. Berikut ini adalah contoh desain sertifikat yang akan dibuat sebagai latihan.

Dalam artikel ini akan dipaparkan cara membuat sertifikat menggunakan Adobe Indesign dengan memanfaatkan fitur Data Merge. Data merge pada prinsipnya, sama seperti Mail Merge di Microsoft Word, dan Print Merge pada Corel Draw. Kelebihan menggunakan Data Merge pada Adobe Indesign adalah kita dapat memasukkan foto pada sertifikat secara otomatis dengan menyiapkan data txt menggunakan Excel. Lalu bagaimana cara menggunakannya, mari kita simak video tutorial berikut ini.



2 komentar untuk "Membuat Sertifikat yang Ada Fotonya Secara Otomatis dengan InDesign"

putra 22 Februari 2020 17.13 Hapus Komentar
saya coba kok di indesign nya missing image gimana ya solusinya
Webagus 29 Februari 2020 04.51 Hapus Komentar
Coba pastikan nama gambar dan ekstensinya atau URL gambarnya benar

Berlangganan via Email