Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Simulasi Arduino dengan Output 4 LED Menggunakan Proteus

Pendahuluan

Simulasi Arduino dengan keluaran 4 LED merupakan pengembangan dari simulasi Arduino dengan Output LED Berkedip menggunakan Proteus yang hanya mengendalikan satu buah LED. Dalam tulisan ini, kita akan mencoba menggunakan 4 (empat) pin Arduino sebagai digital output yang berbeda untuk mengendalikan empat LED berkedip secara bergantian. Prinsip dasar algoritmanya adalah: setelah LED pertama berkedip akan dilanjutkan pada LED kedua, kemudian dilanjutkan pada LED ketiga, dan LED keempat; demikian seterusnya secara berulang-ulang.

Dalam mengedipkan keempat LED tersebut, akan digunakan fungsi blok dari struktur Arduino sehingga kita tidak perlu terlalu banyak menggunakan instruksi digitalWrite() dan delay pada masing-masing LED, akan tetapi yang kita perlukan hanyalah memanggil instruksi dari fungsi blok yang ada. Mari kita lihat kode program/Sletchnya pada bagian berikutini.

Kode Program/Sketch

Berikut ini adalah kode program untuk simulasi Arduino dengan output empat LED berkedip.

// Simulasi Arduino dengan Output 4 LED

int led1 = 2;
int led2 = 4;
int led3 = 6;
int led4 = 8;

void setup() {
pinMode (led1, OUTPUT);
pinMode (led2, OUTPUT);
pinMode (led3, OUTPUT);
pinMode (led4, OUTPUT);
}

void loop() {
kedipkanLED(led1, 100);
kedipkanLED(led2, 100);
kedipkanLED(led3, 100);
kedipkanLED(led4, 100);
}

void kedipkanLED(int pin, int durasi){
digitalWrite(pin, HIGH);
delay(durasi)
digitalWrite(pin, LOW);
delay(durasi)
}

Penjelasan Program

1. Baris 3 - 6 (int led1 = 2;, int led2 = 4;, int led3 = 6;, dan int led4 = 8;) menggunakan variabel int atau integer, di mana variabel integer led1 menyimpan nilai 2 yang menandai lampu LED pertama ditempatkan pada pin 2 di papan Arduino. Demikian halnya dengan LED kedua, ketiga, dan keempat yang diinisialisasikan sebagai pin 4, pin 6, dan pin 8 pada papan Arduino.

2. Pada baris berikutnya menggunakan fungsi void setup() yang diikuti perintah pinMode(led1, OUTPUT); dan seterusnya. Ini berarti kita mengatur pin 2, pin 4, pin 6, dan pin 8 sebagai keluaran digital atau output digital.

3. Pada baris berikutnya, digunakan fungsi void loop() yang diikuti perintah,

kedipkanLED (led1, 100);
kedlpkanLED (led2, 100);
kedipkanLED (led3, 100);
kedipkanLED (led4, 100);

Fungsi loop memanggil fungsi blok void kedipkanLED(int pin, int durasi), di mana dalam fungsi blok tersebut terdapat perintah digitalWrite untuk menghidupkan (on) dan mematikan (off) setiap LED dengan durasi kedipan 100 milisekon. Dengan demikian, keempat lampu LED akan berkedip secara bergantian. Kita dapat merubah nilai 100 sesuai dengan keinginan misalnya menjadi 2000 (2 detik), 11000 (11 detik), dan seterusnya. Senakin besar nilainya naka kedipan menjadi lebih lambat.

Simulasi dengan Proteus

Langkah-langkah simulasi dengan proteus adalah sebagai berikut.

1. Jalankan software Proteus, kemudian buat file project baru dan beri nama, nisalnya Blink Empat LED. Langkah-langkah membuat project di proteus dapat dibaca pada artikel Langkah-langkah Membuat Project Baru di Proteus

2. Buat rangkaian simulasi seperti dengan komponen simulasi yang dibutuhkan adalah papan Arduino Simulino UNO, 4 buah lampu LED,  4 buah resistor 220 Ohm, dan Ground kemudian susunlah komponen tersebut pada lembaran kerja Proteus seperti gambar di bawah ini.

3. Tulis kode program Simulasi Arduino dengan Output 4 LED pada software IDE Arduino, lalu jalankan verifikasi. Jika tidak ada error saat kompilasi, maka kode program tidak ada masalah. Copy file .hex kemudian paste ke papan simulasi Arduino pada software Proteus. Lalu jalankan simulasi Proteus dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Mengenai cara menjalankan verifikasi, menyalin file .hex, dan menjalankan simulasi dapat dibaca pada artikel Simulasi Arduino dengan Ouput LED Berkedip Menggunakan Proteus.


Perhatikan running simulasinya, maka keempat LED akan berkedip secara bergantian dengan delay sebesar 100 mili sekon.

Posting Komentar untuk "Simulasi Arduino dengan Output 4 LED Menggunakan Proteus"

Berlangganan via Email