Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Upload Video ke YouTube dengan YouTube Studio

Mengunggah atau Upload video ke YouTube merupakan salah satu aktivitas penting bagi seorang Youtuber. Mengunggah video ke YouTube dapat dilakukan dengan cara klasik dan menggunakan Youtube Studio. Namun untuk yang cara klasik akan segera ditiadakan dan berganti ke YouTube Studio. Oleh karena itu dalam artikel ini dibahasan cara Mengunggah Video ke YouTube dengan YouTube Studio.

Langkah-langkah Mengunggah Video ke YouTube dengan YouTube Studio

Langkah 1 - Masuk ke Studio YouTube

Langkah pertama dalam Mengunggah Video ke YouTube dengan YouTube Studio adalah masuk atau LOGIN ke Studio YouTube dengan mengunjungi alamat Studio YouTube (https://studio.youtube.com) kemudian kita diminta untuk login jika belum Login.

Masukkan email kemudian klik Berikutnya



Masukkan sandi dari Email kemudian klik Berikutnya



Sampai di sini kita telah berhasil LOGIN ke Studio YouTube dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2 - Upload Video

Untuk upload video ke YouTube pastikan bahwa video yang akan diupload telah siap. Selanjutnya kita dapat mengklik tombol UPLOAD VIDEO.

Pada tampilan yang muncul, Klik PILIH FILE, kemudian muncul kotak dialog Open, dan cari file Video yang akan diupload, jika sudah ketemu klik Open.

Selanjutnya proses Upload berlangsung dan tunggu hingga selesai. Sambil menunggu, Isi bagian Title Videonya dan Description (Deskripsi) Videonya. Khusus bagian Title akan secara otomatis terisi dengan Nama File videonya. Kita dapat mengubah nama tersebut sesuai dengan keinginan agar menarik.

Scroll ke bawah, dan pada bagian Thumbnail kita dapat memilih atau mengupload gambar yang menunjukkan isi video. Pilih Upload thumbnail jika ingin menggunakan gambar thumbnail tersendiri, atau memilih gambar thumbnail yang sudah disediakan. Syarat agar dapat menggunakan Upload Thumbnail adalah channel youtubenya sudah terverifikasi. Cara memverifikasikan akun youtube sudah dibahas pada artikel Cara Verifikasi Akun Channel YouTube.

Secara bawaan youtube sudah memilih gambar thumbnail secara otomatis, namun kita dapat memilihnya dari pilihan yang ada. Namun, jika dari berbagai pilihan yang disediakan tidak ada yang sesuai, maka kita dapat menggunakan Thumbnail sendiri, dengan cara klik Upload Thumbnail

Jika kita memilih Upload Thumbnail, pastikan gambar yang akan dijadikan Thumbnail memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  • Rasio aspek: 16:9

  • Resolusi: 1280 x 720 pixel

  • Lebar minimal: 640 pixel

  • Format gambar: JPG, GIF, BMP, atau PNG

  • Ukuran file maksimal: 2 MB
Dalam contoh ini akan digunakan gambar Thumbnail bawaan saja terlebih dahulu.

Pada bagian Playlist, kita dapat membuat Playlist baru atau menggunakan playlist yang sudah ada. Playlist ini digunakan untuk mengelompokkan video berdasarkan ketegori tertentu.

Klik Tombol Panah pada Playlist, kemudian pilih Buat Playlist. Ketik judul Playlistnya, tentukan visibilitasnya sebagai Publik agar terlihat secara umum, dan klik Buat. Setelah selesai Buat, beri tanda cek pada nama Playlistnya

Pada bagian penonton, silakan pilih apakah video yang diupload ditujukan untuk anak-anak atau bukan. Ya, video ini dibuat untuk anak-anak. atau Tidak, video ini tidak dibuat untuk anak-anak

Klik Berikutnya, maka kita akan berpindah ke Elemen Video. Tambahkan layar Akhir dan Kartu jika diperlukan.

Klik Berikutnya, pada bagian Visibilitas tentukan waktu publikasi dan siapa saja yang dapat melihat video yang kita upload. Pilih Publik jika videonya ingin ditonton oleh khalayak umum. Kita dapat memilih Jadwalkan, jika ingin menjadwalkan waktu publish video.

Terakhir klik PUBLIKASIKAN dan tunggu proses publikasi video selesai. Setelah video dipublikasikan, kita dapat langsung Bagikan link melalui berbagai media sosial yang tersedia. Jika tidak ingin membagikan langsung, maka klik TUTUP.

Sampai di sini video kita telah berhasil diupload ke YouTube.



Posting Komentar untuk "Upload Video ke YouTube dengan YouTube Studio"

Berlangganan via Email