Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pilihan Distribusi (Distro) Linux

Distribusi Linux

Istilah Linux dapat memiliki arti yang berbeda-beda pada setiap orang, tetapi dalam arti sempit linux hanya mengacu pada kernel sistem operasi, yaitu program dasar yang mendasari segala sesuatu yang berkomunikasi dengan perangkat keras (seperti CPU, memori dan perangkat yang terpasang) dan aplikasi yang dijalankan di komputer.

Segala sesuatu yang ada di komputer kita (termasuk semua perangkat lunak yang diperlukan untuk desktop grafis yang bagus) menyediakan sistem operasi lengkap untuk tempat menambahkan aplikasi. Ketika orang menggunakan istilah Sistem Linux yang didefinisikan secara longgar, maka mereka benar-benar harus mengatakan Sistem berbasis Linux.

Banyak pekerjaan untuk merakit semua komponen lain yang ditumpuk di atas kernel Linux (aplikasi, pustaka, lingkungan grafis, dan lain-lain) dan itu adalah tugas Distribusi Linux untuk mengintegrasikan semua komponen ini dalam entitas yang bersih dan dapat diperbarui sehingga pengguna dapat mengambil keuntungannya.

Ada banyak distribusi Linux yang ada (terkadang disebut distro). Secara umum keluarga distribusi linux yang ada adalah sebagai berikut.


  • Fedora: Terdiri dari Fedora, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), dan CentOS.
  • Debian: terdiri dari Debian, Ubuntu dan Mint.
  • SUSE: Terdiri dari SUSE dan OpenSUSE.

Apa yang menyatukan anggota keluarga tertentu sebagian besar adalah metode pengemasan, pemasangan, dan pembaruan perangkat lunak.

Perlu dicatat bahwa masih ada banyak pilihan distribusi yang tersedia. Website lwn.net/Distributions memiliki daftar yang sangat lengkap. Beberapa distribusi benar-benar tidak cocok dengan tiga keluarga di atas, namun mereka cenderung tidak disukai oleh pengguna baru Linux.

Berikut adalah daftar yang mencantumkan situs web utama untuk distribusi utama dalam tiga kelompok yang disebutkan di atas. Kita dapat dengan mudah menemukan media unduhan menggunakan tautan ini atau di situs mirror yang disebutkan di sana seperti http://mirrors.kernel.org yang dikelola oleh Linux Foundation.

Beberapa Website Distribusi Linux

Berikut ini adalah website untuk Distribusi Linux dari keluarga yang telah dipaparkan di atas.

Posting Komentar untuk "Pilihan Distribusi (Distro) Linux"