Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Spasi Antar Kata Berlebih di Microsoft Word

Cara Menghilangkan Spasi Antar Kata Berlebih di Microsoft Word - Pembaca webagus yang budiman, spasi berlebih merupakan jarak antar kata pada dokumen Microsoft Word yang lebih dari satu spasi. Secara normal, jarak antar kata dalam dokumen Microsoft Word adalah 1 spasi yaitu dilakukan dengan menekan tombol Spasi (Space) pada keyboard sekali. Kejadian spasi berlebih ini sering dijumpai, sedangkan dokumen yang bagus menuntut spasi antar kata sebesar 1 spasi. Menghilangkan spasi antar kata yang berlebih dengan cara menghapus satu per satu merupakan kegiatan yang membosankan atau tidak menyenangkan, apa lagi pada dokumen yang banyak isi teksnya. Dengan demikian diperlukan cara untuk menghilangkan spasi antar kata yang berlebih dengan cara yang efektif dan efisien serta singkat dan akurat. Tutorial ini menyajikan cara efektif dan efisien serta singkat dan akurat untuk menghapus spasi antar kata berlebih pada teks dokumen Micorosft Word dengan jumlah halaman yang banyak.

Contoh Dokumen dengan Spasi Antar Kata Berlebih

Berikut ini adalah contoh dokumen yang memiliki spasi antar kata berlebih atau spasi antar kaya lebih dari satu spasi. 


Terlihat pada contoh di atas, terdapat beberapa jarak atau spasi antar kata yang lebih dari satu ketukan. Hal ini dapat dilihat dari indikator titik-titik yang berada di antara kata dalam paragraf. Indikator ini dapat diaktifkan dengan mengaktifkan tombol perintah Show/Hide (Ctrl +*).

Cara Menghapus Spasi Antar Kata Berlebih pada Microsoft Word 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Menghapus Spasi Antar Kata Berlebih pada Microsoft Word

  • Buka Dokumen Word
  • Tekan tombol CTRL + H untuk menampilkan Jendela Find and Replace.
  • Pada kotak Find what ketikkan ( ){2;} dan pada kotak Replace ketikkan \1
  • Lalu klik tombol More >> dan centang opsi Use wildcards.
  • Langkah terakhir tekan tombol Replace All.

Sebagai catatan jika komputer kita menggunakan Regional Setting bukan Indonesia, gunakan tanda pemisah koma (,) sehingga polanya menjadi ( ){2,}

Selanjutnya akan muncul peringatan banyaknya spasi berlebih yang diganti, dan klik OK.

Hasil dari aksi di atas adalah hilangnya spasi antar kata berlebih pada dokumen hilang dan berganti  menjadi spasi satu, seperti disajikan pada gambar berikut.


Demikianlah artikel tentang Cara Menghilangkan Spasi Antar Kata Berlebih di Microsoft Word, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Spasi Antar Kata Berlebih di Microsoft Word"

Berlangganan via Email