Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tujuh Jenis Bangunan Pengaman Pantai Berdasarkan Strukturnya

Tujuh Jenis Bangunan Pengaman Pantai Berdasarkan Strukturnya - Pernahkan pembaca webagus.id berjalan-jalan ke pantai? Tentunya sebagian besar dari kita sudah pernah jalan-jalan ke pantai. Pada beberapa pantai terdapat semacam bangunan yang berfungsi untuk melindungi pantai dari kerusakan akibat serangan gelombang dan arus laut. Nah bangunan inilah yang dikenal dengan sebutan Bangunan Pengaman Pantai. Lalu apa saja jenis-jenis dari Bangunan Pengaman Pantai Berdasarkan Strukturnya? Mari kita simak uraian berikut ini yang dikutip dari Instagram Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (@kemenpupr). 

Tanggul Laut (Sea Dike)

Tanggul Laut (Sea Dike) merupakan struktur pengaman pantai yang dibangun sejajar dengan pantai dengan tujuan untuk melindungi dataran pantai rendah dari genangan yang disebabkan oleh air pasang, gelombang, dan badai. Berikut ini adalah gambar contoh dari Tanggul Laut (Sea Dike).

Contoh Tanggul Laut

Tembok Laut (Sea Wall)

Tembok laut (Sea Wall) merupakan struktur pengaman pantai yang dibangun dalam arah sejajar pantai dengan tujuan untuk melindungi pantai dari hempasan gelombang dan mengurangi limpasan genangan area pantai yang berada di belakangnya. Berikut ini adalah gambar contoh dari Tembok Laut (Sea Wall).

Tembok Laut (Sea Wall)

Revetmen

Revetmen adalah struktur bangunan di pantai yang dibangun menempel pada garis pantai dengan tujuan untuk melindungi pantai yang terisolasi. Berikut ini adalah gambar contoh dari Revetmen.

Revetmen

Pemecah Gelombang (Breakwater)

Pemecah Gelombang (Breakwater) adalah kontruksi bangungn pantai yang posisinya sejajar atau kira-kira sejajar garis pantai dengan tujuan untuk meredam gelombang datang. Berikut ini adalah gambar contoh dari Pemecah Gelombang (Breakwater).

Pemecah Gelombang (Breakwater)

Krib (Groin) 

Krib (Groin) adalah bangunan yang dibuat tegak lurus atau kira-kira tegak lurus pantai. Bangunan ini berfungsi mengendalikan erosi yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan angkutan pasir sejajar pantai (longshore sand drift). Berikut ini adalah gambar contoh dari Krib (Groin).

Krib (Groin)

Jeti (Jetty

Jeti (Jetty) adalah bangunan menjorok ke laut yang berfungsi sebagai pengendalian penutupan muara sungai atau saluran oleh sedimen. Berikut ini adalah gambar contoh dari Jeti (jetty).

Jeti (Jetty)

Pengisian Pasir (Sand Nourishment)

Pengisian Pasir (Sand Nourishment) adalah kegiatan untuk membentuk pantai menjadi stabil dengan menambahkan pasir ke pantai. Berikut ini adalah gambar contoh dari Pengisian Pasir (Sand Nourishment)

Pengisian Pasir (Sand Nourishment)

Nah demikianlah uraian mengenai Tujuh Jenis Bangunan Pengaman Pantai Berdasarkan Strukturnya, semoga dapat menginspirasi dalam proses exporasi pengetahuan lebih mendalam.

3 komentar untuk "Tujuh Jenis Bangunan Pengaman Pantai Berdasarkan Strukturnya"

  1. Kalau untuk kondisi tanah miring, di belakang rumah bagusnya pakai pengaman seperti apa ya gan..?

    BalasHapus